MENINGKATKAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA MELALUI EDUKASI DIGITALISASI DI DESA GIRIAWAS KECAMATAN CIKAJANG KABUPATEN GARUT
Abstract
Melihat laju perekonomian Indonesia yang melambat, perlu adanya pengembangan ekonomi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya untuk mengembangkan ekonomi, melalui sektor UMKM yang menerapkan teknologi informasi. Problem statement penelitian ini, kurangnya pengetahuan, pemahaman, pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaku usaha UMKM di Desa Giriawas dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk usaha. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan observasi dan survei serta wawancara ke pelaku usaha dan masyarakat Desa Giriawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan edukasi tentang pemasaran melalui digitalisasi, salah satu problem solver yang dilakukan, dengan mengadakan Seminar Kewirausahaan tentang pemasaran secara digital, untuk menjawab tujuan penelitian dan berdampak kepada bertambahnya wawasan pemilik UMKM mengenai digital marketing, terbukanya mindset untuk memasarkan produk melalui penggunaan sosial media advertising dan dapat meningkatkan semangat untuk berwirausaha di Desa Giriawas Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Masyarakat Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Hamzah, Radja Erland. 2021.”Pemanfaatan Digital Marketing Oleh Pelaku UMKM Di Kuningan Jawa Barat, Jakarta Selatan.” Jurnal Pustaka Dianmas 1(1):12.
Irfani, Hadi, Fitri Yeni, and Rika Wahyuni.2020.”Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.” JCES (Journal Of Character Education Society) 3(3):651-59.
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafri, L., & Munandar, A. (2002) Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(4), 121-132.
Sumarno, E., Susilo, W., Magfuroh, M. W., Adhewiyah, R., Amalia, P. P., & Yunus, M. (2022). Sosialisasi Digital Marketing Menuju UMKM Kreatif di Desa Sumber Kerang Kecamatan Gending KKN Universitas Panca Marga Probolinggo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 284-290.
Turyandi, I. (2014). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Alfabeta.
Turyandi, I. (2019). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.53675/babakti.v3i1.1139
Article Metrics
Abstract view : 26 timesPDF - 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.