PEMBERDAYAAN WARGA DESA CIPEUJEUH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS EKONOMI MELALUI PENGOLAHAN PRODUK CITANG

Tom Finaldin, fatyma Azahari, Sandra Jihan Salsabil, Iftitah Amir, Adi Muhtim, Fida Safya Maulia, Annisa Febrianti, Fahrie Fauzie A, Moch. Abd. Manan, Ratu Bilqis As

Abstract


Program KKN-MBKM 2023 merupakan bentuk pengabdian nyata mahasiswa kepada masyarakat setelah mendapatkan materi perkuliahan. Tujuan dilaksakan program ini adalah untuk menyalurkan seluruh ilmu dan pengalaman yang didapat mahasiswa selama kuliah kepada masyarakat secara nyata. Dalam hal ini, yang menjadi sasaran pelaksanaan KKN penulis adalah Kampung Cilandak RW004 Desa Cipeujeuh Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Kami membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat dengan mengembangkan produk kerupuk Citang (Aci Kentang). Proses pembuatannya melalui teknik menguleni, pewarnaan, pencetakan, pengukusan, dan penjemuran. Selain itu, penulis juga memberikan sosialisasi pemasaran produk tersebut secara online sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Ismanto, Juli. 2020. Manajemen Pemasaran. Tangerang: UNPAM Press.

Hidayat, Khoirul. dkk. 2019. PKM UMKM Rengginang Sidoarjo Universitas Nahdlatul Ulama. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SnasTekS).

Abubakar, Rifa’i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.53675/babakti.v3i1.1142

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License