PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDESAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI DESA PAKUWON, CISURUPAN, GARUT
Irwan Irwan Irwan, Iwan Ardiansyah Iwan Ardiansyah, Alda Febianti Alda Febianti Rahayu, Ipah Maulani Ipah maulani, Dandi Setiawan Dandi setiawan, Neng Laila Neng laila alawiyah, Mario Munamad Mario muhammad rizki, Irmayanti Irmayanti Irmayanti, Agung Purnama Agung purnama, Ahmad Rayhan Ahmad rayhan rayni, Yayah Sumartini Yayah sumartini
Abstract
Pemberdayaan masyarakat pedesaan merupakan kunci strategi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi lokal dan mengurangi ketergantungan pada bantuan eksternal. Desa Pakuwon yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, memiliki potensi besar untuk pengembangan ekonomi berkat sumber daya alam yang melimpah dan semangat warganya. Namun tantangan seperti kurangnya akses teknologi dan infrastruktur perlu diatasi. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa bertujuan memberdayakan masyarakat desa melalui pendekatan partisipatif, dengan fokus pada pengelolaan sumber daya lokal untuk kesejahteraan ekonomi yang berkelanjutan. Metode Pelaksanaan KKN di Desa Pakuwon dilakukan melalui tahapan yang terstruktur: persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta penutupan. Tahap persiapan meliputi survei kebutuhan, koordinasi dengan pemerintah desa, dan penyusunan rencana kerja. Pelaksananya meliputi pelatihan teknologi tepat guna, pengembangan UMKM melalui bazar, dan edukasi lingkungan. Pemantauan dilakukan secara berkala melalui kunjungan lapangan dan evaluasi hasil kegiatan. Penutupan meliputi laporan hasil kegiatan dan rencana tindak lanjut.Hasil Penelitian ini menyimpulkan program KKN menunjukkan hasil positif dalam pemberdayaan masyarakat Desa Pakuwon. Pelatihan digital marketing meningkatkan kemampuan UMKM dalam memasarkan produk mereka secara online, menghasilkan peningkatan visibilitas dan penjualan. Bazar UMKM memberikan platform penting bagi pelaku usaha lokal, yang berkontribusi pada peningkatan penjualan dan jaringan bisnis. Edukasi lingkungan mengenai pengelolaan sampah meningkatkan kesadaran masyarakat dan partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Semua ini berkontribusi pada peningkatan kemandirian ekonomi dan kondisi lingkungan desa.
Keywords
Pemberdayaan Masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) ; Digital Marketing UMKM;Ekonomi
References
Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676. https://doi.org/10.31764/JMM.V5I2.4122
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, D. J. P. T. R. dan T. K. P. K. R. dan T. (2024). Panduan KKN Kebangsaan 2024. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kelana Wastra: Merayakan Kreativitas UMKM Lokal dalam Industri Fashion April 2024. (n.d.). Retrieved July 30, 2024, from https://info.padiumkm.id/media/kelana-wastra-merayakan-kreativitas-umkm-lokal-dalam-industri-fashion-april-2024
Putri, S. S. (2022). Digital Marketing Sebagai Optimalisasi Strategi Pemasaran Wirausaha Muda “Clothing PRJBus” Dalam Meningkatkan Omset Bisnis UMKM (Vol. 6, Issue 2). https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/10/13/apa-sih-digital-marketing-itu/:diunduh
DOI:
https://doi.org/10.53675/babakti.v4i2.1271 Article Metrics
Abstract view : 10 times
PDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.