EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN BELAJAR KEAGAMAAN DI DESA KUMPAY KABUPATEN SUBANG

Irma Erika Herawati, N Kintan Marliana, Affriani Ratna Puspita, Bayu Ningrat, Karlina Yulia, Fira Mozza Octora, Nurkholis Daud, Krisdi Yundina

Abstract


Keagamaan merupakan segala sesuatu yang memiliki sifat dalam agama atau yang berhubungan dengan agama. Pelaksanaan kegiatan keagamaan dilakukan di Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Kegiatan pendampingan belajar dilakakukan 2 kali pertemuan  selama sebulan. Pendampingan belajar yang dilakukan seperti mengaji, membaca  bacaan tajwid, menyanyikan lagu 25 Nabi dan Rasul, membaca Asmaul Husna, menyanyikan 10 malaikat yang wajib diketahui serta bercerita. Tujuan dilakukannya program kerja ini yaitu untuk membantu anak sekolah dalam hal belajar keagamaan untuk lebih memahami dan mengerti hukum bacaan tajwid, memahami betapa pentingnya menghafal 25 Nabi dan Rasul, memahami tugas-tugas malaikat, memahami rukun iman dan rukun islam serta belajar menghafal Asmaul Husna. Hasil yang diperoleh bahwa anak-anak di Desa Kumpay jaman sekarang belum mengetahui semua materi keagamaan. Maka dengan demikian perlu ada bimbingan dan pengetahuan tentang keagamaan bagi anak, agar anak tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama. Salah satu yang tepat untuk menciptakan kepribadian anak yang bernuansa agamis, akan kuat ketauhidanya, senang menjalankan ibadah dan berakhlakul karimah.

 


Keywords


Kata kunci : pengabdian, pendampingan, belajar, keagamaan

Full Text:

PDF

References


Suprihatin, A., Ananda, T. A., Mahsa, N., Damayanti, W., Alfiyah, G., Nurulita, M. F., & Arifin, R. (2020). Efektivitas Pendampingan Belajar Anak Dalam Mengatasi Kesulitan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Desa Kebulusan, Kabupaten Kebumen. 1–6.

Budi, P., Wahyu, R., Belajar, P., Mahasiswa, O., & Unnes, K. K. N. (n.d.). Menjadi Solusi Di Era Pandemi.

Pratama, A. P., Larasati, T., Febrianto, K., Purwita, Y. U., Ramadan, S. F., Gansar, D., Wijayanti, S., Semarang, U. N., Al-quran, T. P., Belajar, B., & Pendahuluan, A. (n.d.). Analisis swot dalam kegiatan bimbingan belajar keagamaan dan akhlak di tpq tarbiyatul athfal semarang.

Arofik, S., Fitri, M. A. B., Nadhif, M., & Huda, A. (2018). Pendampingan Peran dan Potensi Keagamaan, Sosial, dan Ekonomi di Dusun Karangsemi Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JANAKA), 1(1), 69.

Subqi, I. (2016). Pola Komunikasi Keagamaan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 165. https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.648

Hambatan, M., & Jarak, P. (2020). Indonesia di Masa Krisis Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.53675/babakti.v1i1.182

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License