IMPLEMENTASI PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK BAGI UMKM DI DESA DUKUH

Meiry Akmara Dhina, Yoga Ahmad Wardana, Silvia Oktapiani Rahmaniah, Hani Fitriani, Sri Wulan Agustian, Rohmat Sapaat, Ryanto Nugraha, Syahrulrohid Syahrulrohid, Rifki Mustopa, Randi Pradita, Nazarioda Hakim

Abstract


Seiring berkembangnya zaman, para pelaku UMKM diharuskan memahami akan penggunaan teknologi. Dengan menggunakan teknologi yang canggih akan mempermudah jalannya usaha, seperti pemasaran digital yang merupakan salah satu bantuk pemanfaatan teknologi informasi. Pemasaran digital dapat bekerja dengan menggunakan media elektronik seperti iklan di televisi atau radio, dapat juga menggunakan media berbasis internet seperti pemasaran melalui media sosial atau e-commerce. Strategi pemasaran secara online dianggap lebih mempermudah proses jual beli, pemasaran secara online juga dapat lebih efektif untuk menjangkau lebih luas para pembeli. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami menggunakan metode survey. Menurut M. Nazir (2005), penelitian survei adalah penyelidikan yang dilakukan untuk mendapatkan fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual baik tentang institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok atau suatu individu. Metode survey dipilih untuk mengetahui keberadaan suatu desa dengan berbagai potensi dan permasalahan yang ada serta pengaruh daya tarik produksi dan nilai jual terhadap keputusan konsumen. Pelatihan digital marketing merupakan bentuk pengabdian yang tepat untuk dilaksanakan kepada para pelaku usaha rumahan dan UMKMyang ada di Desa Dukuh. Dengan pemaparan teori, diskusi dan praktek akan menghasilkan output yang baik. Sehingga dari kegiatan tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal seperti meningkatnya penjualan karena konsumen melihat promosi yang dilakukan di media sosial yaitu instagram. Kedepannya, untuk kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan berbagai macam kegiatan dan bidang yang lebih baik, terutama yang berdampak pada sosial ekonomi masyarakat yang sudah ada potensi kemudian dikembangkan.

Keywords


Digital Marketing; Strategi Pemasaran; Nilai Jual Produk.

Full Text:

PDF

References


Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti, 5(1), 13– 28. https://doi.org/10.1007/BF02532975

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(5), 3–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5304

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung - Jombang. Comvice : Journal of Community Service, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.26533/comvice.v2i1.122




DOI: https://doi.org/10.53675/babakti.v2i2.836

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License