INOVASI PEMBUATAN KWETIAU INSTAN DARI TEPUNG SINGKONG KAMPUNG CIREUNDEU LEUWIGAJAH
Abstract
Program PKM-PM (Program Kreatifitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat.) Tujuan PKM-PM adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi secara aktif dengan masyarakat mitra non produktif; menumbuhkan tenggang rasa dan solidaritas terhadap masalah yang dihadapi masyarakat mitra; menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra. Dalam hal ini yang menjadi sasaran utama PKM-PM adalah Kampung Adat Cirendeu. Bidang yang akan kami lakukan yaitu dalam bidang kuliner yang berfokus kepada acara adat di desa Cireundeu yang salah-satunya yaitu pembuatan kwetiau dari tepung singkongnya. Dikarenakan desa Cireundeu belum ada pembuatan kwetiau dari tepung singkong maka pengajuan kami yaitu mengangkat program pembuatan kwetiau yang berfokus kepada tepung singkong.
Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan karya baru kampung adat cireundeu yakni kwetiau dari tepung singkong yang nantinya bisa dipasarkan sebagai upaya mahasiswa untuk menambah jenis makanan yang akan dijual dengan harapan akan meningkatkan ekonomi masyarakat kampung adat cireundeu. Karena ekonomi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan pendapatan kampung adat cireundeu, leuwigajah. Oleh karena itu, mahasiswa perlu untuk melakukan kerja sama dengan kampung adat cireundeu untuk berkolaborasi pembuatan kwetiau diantaranya bertukar informasi dan lain sebagainya melalui program program PKM-PM.
Kata Kunci: KKN, Kerjasama, Mahasiswa, Cireundeu.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, & Usman. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Firmansyah, A. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.
https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/1139-mengenal kampung-adat- cireundeu
https://eprints.uny.ac.id
https://genpi.id/kampung-adat-cireundeu/ https://lp3m.unuja.ac.id/unduh_pengabdian/261/durrotul%20hikmah.pdf
https://raharja.ac.id/2020/10/observasi/
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=marketing+adalah+menurut+para+ahli&oq=marketing+adalah#d=gs_qabs&t=1660139991527&u=%23p%3DdAUoh-31ZlUJ
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=marketplace+adalah&oq=marketplace+ad - d=gs_qabs&t=1660036347377&u=%23p%3DMrurBo8Ty6gJ
https://www.google.com/amp/s/www.linovhr.com/komunikasi-pemasaran/amp/
DOI: https://doi.org/10.53675/babakti.v2i2.938
Article Metrics
Abstract view : 300 timesPDF - 347 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.