PEMBATASAN TEKNOLOGI HUAWEI OLEH AMERIKA SERIKAT (Analisis Deskriptif Peran Media Amerika Serikat dalam Pembatasan Teknologi Huawei pada Konsumen Amerika Serikat)

Shelina Rahma Aulia, Ahmad Zakiyuddin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media Amerika Serikat dalam menginformasikan pembatatasan yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada teknologi Huawei kepada konsumen yang ada pada Amerika Serikat. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah jenis deskriptif dengan fokus analisis menggunakan penelitian terdahulu dan informasi kebijakan media Amerika Seikat untuk menentukan adanya peran media dalam konteks ini. Data diperoleh melalui studi pustaka dan analisis isi berbagai sumber media Amerika Serikat. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Amerika Serikat berperan penting dalam menginformasikan isu ini kepada konsumen dengan memberikan informasi terkait pembatasan teknologi Huawei dan dampaknya pada konsumen di Amerika Serikat. Selain itu, media juga memberikan sudut pandang dan komentar dari berbagai pihak terkait isu ini, sehingga memungkinkan konsumen untuk membentuk pandangan mereka sendiri. Dalam konteks teori uses and gratifications, penelitian ini menunjukkan bahwa media Amerika Serikat memberikan keputusan bagi konsumen dalam hal memperoleh informasi yang relevan dan berguna terkait isu teknologi Huawei. Namun, keputusan Amerika Serikat ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor personal seperti pengetahuan dan minat individu terhadap teknologi. Kesimpulannya, peran media Amerika Serikats dalam menginformasikan kepada konsumen di Amerika Serikati tentang isu pembatan teknologi Huawei oleh Amerika Serikat sangat penting bagi konsumen dalam membentuk pandangan mereka dan memperoleh informasi yang relevan dan berguna.

Kata kunci : Media Amerika Serikat, Pembatasan Teknologi, Komunikasi Internasional


Full Text:

PDF

References


"US cannot restrict Huawei's activities, judge rules",. (2019). Diambil kembali dari BBC News.

Afif, F. R. (2021). Ancaman Keamanan AtAmerika Serikat InvestAmerika Serikati Cima dan israel. Jurnal Middle eAmerika Serikatr and Islamic Studies.

Agnes, T. (2019, JUni 2). Kisruh Huawei VS AMERIKA SERIKAT berimbAmerika Serikat ke Indonesia. Diambil kembali dari CNBC.

Al Jazeera. (2020). "US national security law: What you need to know",.

Arinanda, B. P., Windiani, R., & ParamAmerika Serikatatya, S. (2022). Perang Teknologi Amerika Serikat vs Tiongkok: Kebijakan Penolakan Teknologi 5G Huawei Tiongkok oleh Amerika Serikat. Journal of InternAmerika Serikational Relation.

Erdiatulha, Karjaya, L. P., & Rizki, K. (2020). Analisis Perubahan Kebijakan Luar negri Tun Mahathir terhadap InvestAmerika Serikati Memproyek Tiongkok di Malaisya. Indonesia Journal Of Global Discourse.

Guardian. (2019). "US government adds Huawei to 'entity list' amid China trade war",.

Putri, A. Y. (t.thn.). Sikap Media MAmerika Serikata NAmerika Serikational Kanada Terhadap Kebijakan ImigrAmerika Serikati Era Perdana Mentri Justin Trudeu.

Putri, Z. (2022, Maret 11). AMERIKA SERIKAT resmi perpsnjsng larangan dangan dengan Huawwei. Diambil kembali dari CNN Indonesia .

Rahmawati, W. T. (2021, Januari 21). AMERIKA SERIKAT batAmerika Serikati PAmerika Serikatokan Chip ke Huawei . Diambil kembali dari KompAmerika Serikat,com.

Rizki, A. S. (2020). Analisis Peran Media MAmerika Serikatsa dalam Konflik Dagang AMERIKA SERIKAT-China: Studi KAmerika Serikatus Perusahaan Huawei. Diambil kembali dari Jurnal The Messenge.

Zhang, X. &. (2020). ow Huawei technology influence the world? Journal of Economics and Business Researc. Journal of Economics and Business Research.




DOI: https://doi.org/10.53675/jgm.v5i1.1083

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 433 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed