PARADIPLOMASI PROVINSI JAWA BARAT DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI PASAR INTERNASIONAL

Diah Apriliani

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dianggap sebagai mesin pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia, hal ini disebabkan karena UMKM memiliki peluang dalam bisnis di era globalisasi dan mendapat banyak peluang untuk bekerjasama secara terintegrasi dengan organisasi skala besar. Selama pandemi, Indonesia mengalami penurunan nilai ekspor, terutama UMKM di Provinsi Jawa Barat yang merupakan UMKM terbanyak di Indonesia. Untuk meningkatkan Kembali nilai ekspor perlu keterlibatan semua pihak, termasuk pemerintah Provinsi Jawa Barat karena UMKM merupakan salah satu motor penggerak perekonomian daerah, oleh karena itu perlu adanya dukungan dari pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong UMKM memasuki pasar global dan berdampak pada nilai ekspor di wilayah Jawa Barat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi atau studi kepustakaan dengan teknik analisis data menggunakan logika deduktif, dengan membandingkan teori di balik masalah.

Dari data yang dikumpulkan, bahwa strategi Jawa Barat dalam meningkatkan ekspor UMKM didukung oleh kegiatan para-diplomasi Jawa Barat melalui kegiatan diplomasi perdagangan yaitu berupa paradiplomasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, kelompok sipil, dan kelompok usaha sehingga mampu meningkatkan ekspor UMKM Jawa Barat.

Kata kunci : Paradiplomasi, Diplomasi Perdagangan, UMKM


Full Text:

PDF

References


Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). Bertahan Usaha Pada UMKM di Tengah Pandemic Covid-19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 93–99.

Alam, G. N., Maharani, R., Affandi, R. M. T. N., & Dermawan, W. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Paradiplomasi Kota Metropolitan Seoul. Jurnal Dinamika Global, 6(01).

Arum, A. S., & Suryadipira, D. (2021). Diplomasi Komersial: Promosi Perdagangan dan Investasi Indonesia terhadap Kenya Pasca KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) Di Era Presiden Joko Widodo (2015-2019). Padjadjaran Journal of International Relations, 3(2), 277–297.

Bennett, A. L. (1984). International organizations; principles and issues.

Djelantik, S. (2008). Diplomasi antara teori dan praktik. Graha Ilmu.

Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Kuznetsov, A. (2014). Theory and practice of paradiplomacy: subnational governments in international affairs. Routledge.

Moenardy, D. F., & Sinaga, O. (2021). West Java Trade Diplomacy in Increasing Exports of Micro, Small, And Medium Enterprises (Msmes) In the Covid-19 Pandemic. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 1–7. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.1

Nasional, S., Dan, H., & Sosial, I. (2013). Kedudukan Perjanjian Ekonomi Antara Pemerintah Daerah Dengan Lembaga Internasional Ditinjau Dari Hukum Nasional Dan Internasional. Journal of International Law, 1(1), 58–66.

Novialdi, R., Ahmad, R., Muhammad, Z., Saputra, J., & Bon, A. T. (n.d.). A Review of Paradiplomacy Literature: Mini-Review Approach.

Putri, A. D., & Utomo, Y. P. (2021). Analisis Pengaruh Jumlah Unit UMKM, Jumlah Tenaga Kerja UMKM, Jumlah Ekspor Non Migas UMKM Dan Jumlah Investasi UMKM Terhadap Produk Domestik Bruto Sektor UMKM Indonesia Periode 1999-2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rufaidah, P., & -, S. (2015). Kapabilitas Dinamis Umkm Industri Kreatif Jawa Barat. Sosiohumaniora, 17(1), 60. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v17i1.5674

Singh, R. K., Garg, S. K., & Deshmukh, S. G. (2008). Strategy development by SMEs for competitiveness: A review. Benchmarking: An International Journal, 15(5), 525–547. https://doi.org/10.1108/14635770810903132

Tambunan, T. (2009). Export-oriented small and medium industry clusters in Indonesia. Journal of Enterprising Communities, 3(1), 25–58. https://doi.org/10.1108/17506200910943661




DOI: https://doi.org/10.53675/jgm.v4i1.391

Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 507 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed