Fenomena Implusive Buying Pada Flatform TikTok Shop

Cepi Munajat, Dika Firanti, Rizki Subagja, Tarissa Dinar Laillatul Qodri

Abstract


Penelitian ini mengkaji fenomena Impulsive Buying pada platform TikTok Shop, salah satu bagian dari e-commerce yang sedang buming di Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan data sekunder dari sumber seperti literatur, survei, dan publikasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena Impulsive Buying cukup signifikan di TikTok Shop, yang dipengaruhi oleh faktor karakter dan gaya hidup konsumen, persepsi harga, motivasi, promosi, diskon, dan emosi positif yang mendorong pembelian spontan. Meskipun ada penelitian sebelumnya yang mencoba melihat pengaruh religiositas terhadap perilaku pembelian impulsif, namun hasilnya belum konsisten. Oleh karena itu, penelitian ini menawarkan wawasan baru tentang perilaku konsumen dalam lingkup e-commerce di era Industri 4.0, khususnya dalam konteks platform TikTok Shop. Kata kunci: Perilaku Implusive Buying; TikTok Shop

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Aragoncillo, L., & Orús, C. (2018). Impulse buying behaviour: An onlineoffline comparative and the impact of social media. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(1), 42–62. https://doi.org/10.1108/SJME-03-2018-007

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying (Survey pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 31(1).

Ashshiddiqi, M. T., & Rahmat, T. (2022). Optimizing the Financial Management Behavior of Msme Actors Through Digital Financial Knowledge in the Digital Era. International Journal of Nusantara Islam, 10(1), 34–48.

Aurelia, G., Setyabudi, D., & Manalu, S. R. (2021). Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying. Interaksi Online, 9(4), 174–188.

Baber, H. (2019). Influence of religiosity on the behavior of buying sports apparel: A study of the muslim market segment in India. Organizations and Markets in Emerging Economies, 10(2), 212–226. https://doi.org/10.15388/omee.2019.10.11

Bagheri, N. S., Mokhtaran, M., & Professor, A. (2018). The Impact of Electronic Word of Mouth on Online Impulse Buying Behvior on Zanbil Online Store. Journal Uran UA, 1, 400–403.

Bakhshani, N.-M. (2014). Impulsivity: A Predisposition Toward Risky Behaviors. International Journal of High Risk Behaviors and Addiction, 3(2), 2–4. https://doi.org/10.5812/ijhrba.20428

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495

Dewatara, G. W., & Agustin, S. M. (2019). Pemasaran musik pada era digital digitalisasi industri musik dalam industri 4.0 di Indonesia. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.

Edwy, F. M., Anugrahani, I. S., Pradana, A. F., & Putra, I. F. A. (2023). The Phenomenon of Impulsive Buying at TikTok Shop. International Journal of Social Science Research and Review.

Schmitt, K. 2017. Top 5 Reasons Why I Industry 4.0 Is Real And I Important.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

https://teknologi.bisnis.com/read/20221003/266/1583477/tiktok-shop-jadi-social-commerce-paling-populer-di-indonesia

Prasetyo, W.Yulianto, E.& Kumadji, S. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Hermayanti, A. W., & Susantiaji, A. 2022. Analisis Pembelian Impulsif Di Pasar Modern Kota Tegal Pada Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Monex.

Rahmat, T., Nuryani, E., Siswanto, D., & Undang, G. (2021). ServQual and WebQual 4.0 for usability check academic information system of private university. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 12097.




DOI: https://doi.org/10.53675/karismapro.v14i1.1044

Article Metrics

Abstract view : 4175 times
PDF (Indonesia) - 3625 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KarismaPro : Jurnal Manajemen | e-issn: 2775-0647

Indexed