IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

Muhammad Ridwan Caesar, TIRA LISTANIA

Abstract


Implementasi kebijakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial tentang penanganan fakir miskin dan anak jalanan memang menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh Pemerintah. Kebijakan seperti ini harus dijalankan dengan sebaik mungkin agar kemiskinan di Indonesia cepat berkurang. Kemiskinan merupakan suatu fenomena atau gejala sosial yang harus segera dipecahkan, salah satunya dengan program yang di buat oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kota/Kabupaten. Dan permasalahan timbul karena tidak sesuai antara kebijakan dengan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan perlindungan fakir miskin dan pembinaan anak jalanan, lalu faktor-faktor penghambat dan upaya penyelesainnya. Hasil Penelitian ini diperloleh informasi bahwa dengan apa yang di rumuskan oleh para pembuat keputusan dengan para pelaku aturan tersebut tidak sinkron sehingga terjadi hambatan dan masalah. Kebijakan tersebut didasarkan kepada pemerintah menyadari akan manfaat yang akan diberikan oleh pihak kecamatan kepada sasaran kebijakan yaitu fakir miskin dan anak jalanan. Upaya yang diusahakan oleh pihak kecamatan terhalang oleh berbagai masalah seperti penegakan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung dan kurangnya sumber daya manusia, sehingga menyebabkan kebijakan tersebut tidak terealisasi dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Agustino Leo, 2008. Dasar-dasar kebijakan publik, Bandung: Alfabeta. Dunn, William N. (2003). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press

Nawawi, Ismail. 2013. Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kinerja. Jakarta. PT. Fajar Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.

Subarsono, AG.2011. Analisis kebijakan Publik : Konsep. Teori dan. Aplikasi. Yogyakarta : PustakaPelajar.

Tangkilisan, Hesel Nogi.2003. Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Lukman.

Widodo, Joko.2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik :Teori dan Proses. Yogyakarta :Med. Press ( Anggota IKAPI ).

Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Pressindo




DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v1i2.104

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________

Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007

Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293