EFEKTIVITAS ORGANISASI DI KANTOR KECAMATAN PAKENJENG KABUPATEN GARUT

Tajur Zulfikar, Mochamad Zakaria, Ratih Laela Sari, Iin Endah Setyawati

Abstract


ABSTRAK. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu program kerja yang telah ditetapkan belum terwujud secara optimal, kurangnya pegawai dalam melayani masyarakat, aparatur Kecamatan Pakenjeng kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya, dan kompetensi akademik aparatur Kecamatan Pakenjeng belum memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas organisasi di kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Faktor yang menjadi hambatan efektivitas organisasi di kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut dan upaya mengatasi hambatan efektivitas organisasi di kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Selanjutnya data-data diolah dengan tahapan pengumpulan data, edit data, dan interpretasi data. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, triangulasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas organisasi di Kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut terlihat dari lima dimensi yaitu produksi, efesiensi, kepuasan, adaptasi dan perkembangan, semua belum maksimal tapi sudah cukup baik. faktor penghambat efektivitas organisasi di Kecamatan Pakenjeng jaringan yang sering eror, faktor usia kesulitan dalam beradatasi dengan peralatan teknologi informasi, dan sumber daya manusia (SDM) kurang (terbatas). Upaya untuk mengatasi kendala jaringan yang sering eror sesegera mungkin menghubungi pihak pusat (Diskominfo), sumber daya manusia (SDM) untuk mengikuti diklat atau pendidikan dan pelatihan.

Kata Kunci: Efektivitas, Organisasi, Kecamatan Pakenjeng

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Faried. (2019). Teori Dan Konsep Administrasi. Malang: Rajawali Pers.

Anggara, Sahya. (2017). Ilmu Administrasi Negara. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dermanto, Dkk (2017). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dwiyanto, Agus (2018). Ilmu Administrasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Gibson, L.J. Dkk. (2008). Organization, Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In Pt. Remaja Rosda Karya. Muhammiad, A. (2015). Komunikasi Organisasi. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Rohana Thaiher Dan Makmur. (2017). Ilmu Administrasi Negara. Yogyakarta: Rajawali Press.

Stoner,L.J. Dan C. Wankel,. (2000). Manajemen, (Terjemahan), Jakarta, Intermdia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Sudaryana, B. (2017). Metode Penelitian.

Yogyakarta: Deepublish.

Sumber Lain :

Akhmad, D., Syarbini, A., & Fuad, A. (2011). Efektivitas Organisasi Pada Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Erdina, T. V., & Hariani, D. (2017). Analisis Efektivitas Organisasi Dalam Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 6(3), 334-

Febrian, W. D., Adriana, A., & Asrida, W. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Organisasi. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 13-28

Isa, R. (2009). Efektivitas Organisasi Kecamatan Dalam Pelayanan Publik Setelah Menjadi Perangkat Daerah. Jurnal Inovasi, 6(04).

Khaliza, S. (2020). Efektivitas Kelurahan Dalam Meningkatkan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kelurahan Sejahtera Kota Tanjungbalai. Skripsi, Jurusan Administrasi Publik Universitas Sumatera Utara.

Kori, O. E., Sondakh, T., & Laloma, A. (2015). Pengaruh Implementasi Kebijakan Reformasi Birokrasi Terhadap Efektivitas Organisasi (Suatu Studi Di Sekretariat Daerah Kabupaten Halmahera Utara). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 4(32).

Mansur, S. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Ekonomi Di Desa Molangato Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol. Skripsi, 1(912416057)

Rahman, S. A. (2013). Efektivitas Organisasi Kecamatan Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Di Kecamatan Pulau Laut

Utara Kabupaten Kotabaru). Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal, 2(1).

Siti Maryam, N. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 6.

Sri, W. (2017). Efektivitas Organisasi Dalam Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang (Doctoral Dissertation, Universitas Madura).

Tampi, G., & Kolondam, H. (2021). Efektivitas Organisasi Badan Usaha Milik Desa Di Desa Menggawa Kecamatan Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Administrasi Publik, 7(107).

Toad, V. S., Rares, J., & Pombengi, J. (2018). Efektivitas Organisasi Pemerintah Kecamatan Wanea Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).

Umasangaji, K., Dengo, S., & Londa, V. (2020). Efektivitas Organisasi Pemerintah Kecamatan Mangoli Timur Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara. Jurnal Administrasi Publik, 6(97)




DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v4i1.1075

Article Metrics

Abstract view : 234 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Neo Politea has been indexed on:

       

 

 

 





________________________________________________

Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007

Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293