INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK SAMBARA (SAMSAT MOBILE JAWA BARAT) DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Husni Farhani Mubarok, Iin Endah Setyawati, Fadlan Abdillah Salam, Widi Andiyani

Abstract


Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang diinisiasikan oleh Badan Pendapatan Daerah untuk membantu masyarakat dalam pembayaran pajak secara online. Namun  masih ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi dalam penggunaan pelayanan publik SAMBARA dan pelayanan SAMBARA yang belum seutuhnya menggunakan sistem online karena adanya keharusan ke kantor Samsat pada proses akhir pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui inovasi pelayanan publik berbasis elektronik SAMBARA di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian wawancara dan studi dokumentasi. Dengan mengacu pada teori inovasi yang dikemukakan oleh Rippetoe, P. A., & Rogers, R. W. (dalam Prabowo, Suwanda & Syafri, 2022 Hal. 42-43) karakteristik inovasi diantaranya keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan di ujicoba, kemampuan diamati. Hasil penelitian menunjukkan inovasi berdasarkan karakteristik inovasi adalah sebagai berikut: keuntungan relatif, menunjukkan inovasi SAMBARA sangat membantu masyarakat dalam membantu pembayaran pajak. Selain fitur yang membantu masyarakat. Adapun dampak positif pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat yakni terjadinya peningkatan sumber penerimaan pajak setelah menggunakan aplikasi SAMBARA. Kesesuaian, yaitu telah sesuai berdasarkan fungsinya. Kerumitan, yaitu pelayanan yang belum bisa dilakukan secara sepenuhya melalui online. Kemampuan diujicobakan, aplikasi SAMBARA telah di lakukan ujicoba sehingga aplikasi dapat diunduh oleh masyarakat. Kemampuan diamati, yaitu aplikasi SAMBARA cukup mudah digunakan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Desa (digides) di Desa Madello Kecamatan Basulu Kabupaten Baru. Skripsi.

Albrow, M. (1989). Birokrasi diterjemahkan oleh Rusli Karim. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat: CV. Jejak.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arum, R. (2022). Blog Gramedia Digital. Retrieved from Gramedia Digital: https://www.gramedia.com/literasi/administrasi-negara/amp/#Apa_Fungsi_Administrasi_Negara

Ayu, D. (2018). Analisis Profibilitas dan Likuiditas pada Perusahaan Pengakuisisi sebelum dan sesudah Akusisi.

Biklen, B. &. (n.d.). Qualitative Research For Education. Boston: MA : Allyn and Bacon.

Darmawan, D. (2018). Inovasi Sektro Publik dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Kota Makassar.

Gie, T. L. (1992). Pengertian Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Liberty.

Handayani, N., Izzatusholekha, & Kuncoro, H. F. (2022). Inovasi Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) dalam Pelaksanaan Smart Governance. KIAS (Kajian Ilmu Sosial), 53-55.

Haryani, P. (2022). Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi Tanjak oleh Diskominfo. Skripsi.

Imanuddin, M. (2020). Pusbangker Bandung. Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia.

Juhari. (2015). Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Makassar: CV. Sah Media.

Kacaribu, A. H. (2020). Pengantar Ilmu Administrasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal FISIP.

Miles, M., & Huberman, A. (1984). Analisis Data Kualitatif diterjemahkan oleh Tjejep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Univeristas Indonesia.

Mufiz, A. (1986). Materi Pokok Pengantar Administrasi Negara. Jakarta: Karunika, Universitas Terbuka.

Muhammad. (2019). Pengantar Ilmu Administrasi. Lhokseummawe: Unimal Press.

Negara, T. P. (2017). Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik. Jakarta: Pusat Inovasi Pelayanan Publik.

Nuryamin. (2016). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor UPTD Kantor Samsat Makassar. Skripsi.

Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suardita, I. K. (2016). Ilmu Administrasi Negara. Jurnal.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulastri. (2012). Efektifitas Pelayanan Publik di Kantor Samsat . Skripsi.

Supranto, J. (2000). Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syafri, W. (2012). Studi Administrasi Negara. Jakarta: Erlangga.

Waluyo. (2008). Perpajakan Indonesia, Salemba Empat. Jakarta.

Widasari, H. (2021). E-Service Quality dalam meningkatkan Pelayanan Publik di Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Skripsi.

Yan, S. C. (2007). Korea's Path to Government Innovation: Challenges, Experiment, U...'1dS ucesses, Horonary Professor Graduate School of Public Administrastion and Local Autonomy, Hanyang University.




DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v5i1.1348

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Neo Politea has been indexed on:

       

 

 

 





________________________________________________

Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007

Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293