EFEKTIVITAS BUDAYA ORGANISASI PADA KANTOR DESA SANDINGTAMAN, KECAMATAN PANJALU, KABUPATEN CIAMIS

Mochamad Zakaria, Nadia Nuraeni, Nikita Oriza, Nira Adriani Setiawan, Panji Irawan

Abstract


Budaya merupakan sebuah pola tingkah laku yang dikembangkan oleh suatu organisasi yang dipelajari ketika mengalami masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal. Dalam proses berjalannya instansi pemerintahan diperlukan suatu komitmen dan budaya organisasi yang dapat memberikan dampak positif agar dapat meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja pegawai merupakan prestasi individu anggota instansi yang perannya sangat berupengeruh dalam menentukan kinerja dari instansi pemerintahan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai tingkat keefektivan budaya dalam meningkatkan kinerja pegawai kantor desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Masalah Penelitian ini adalah budaya organisasi pada kantor desa sandingtaman, Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis adalah untuk mengukur sejauh mana budaya organisasi menjadi salah satu penyebab untuk meningkatkan proses kinerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni dengan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan/dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa budaya organisasi memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan kinerja pegawai di Desa Sandingtaman dengan mengedepankan komunikasi efektif, hubungan kerja yang harmonis dapat meningkatkan proses kinerja pegawai Desa Sandingtaman.

Kata Kunci: Budaya, Instansi Pemerintahan, Kinerja Pegawai


Full Text:

Pdf

References


Andreas, L. (2006). Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi, Isu, Teori dan Solusi, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Amara Books.

Anonim. (t.thn.). Diambil kembali dari What is ecology? https:// www.khanacademy.org/ science/ biology/ecology/intro-to-ecology/a/ what-is-ecology

David, F. R. (2004). Manajemen Strategi, Konsep. Edisi Ketujuh, Alih Bahasa Alexander Sindoro. Jakarta: Prehalindo.

Engkus, E., & Ulfah, N. (2019). Analisis Kinerja Pegawai Bagian Pelayanan Di PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Subang. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 1(1), 39-61.

Engkus, E. E. (2017). Budaya Panengen Sebagai Representasi Simbolik Kepemimpinan Desa Cikalong. Panggung, 27(2),157-167.

H, E. (2013, desember 3). Generelle Morphologie der organismen [General Morphology of the Organism]. Diakses dari http://www.biodiversitylibrary. org/item/22319#page/11/mode/1up

Ishak, D., Maolani, D. Y., & Engkus, E. (2017). Konsep Kinerja Dalam Studi Organisasi Publik. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 101-120.

Jackson, R. L. (2011). manajemen Sumber Daya Manusia. Buku II, Penerjemah : Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie. Jakarta: Salemva Empat

Mangkunegara, A. P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Kedua. Bandung: PT Rafika Aditama

Makbul Mansyur, Mochamad Zakaria. (2018). Budaya Organisasi Prespektif Administrasi Publik. Bandung.Manggu

Payaman. (2005). Manajamen. Yogyakarta: Andi Bekerja Sama dengan John wiley dan Sons.

Setiawan handrik. 2013. Efektivitas Kegiatan Orientasi Perpustakaan (Studi Eksplanatif Tentang Efektivitas Kegiatan Orientasi Perpustakaan Terhadap Pemanfaatan Layanan Pada Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya).5.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

Wirawan. (2010). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Wulf, A. (2015). The forgotten father for environmentalism. Diakes dari https:// www.theatlantic.com/science/archive/2015/12/the-forgotten-father-of- environmentalism/421434/.




DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v2i1.290

Article Metrics

Abstract view : 507 times
Pdf - 355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Neo Politea has been indexed on:

       

 

 

 





________________________________________________

Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007

Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293