INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAHAN DESA NAGREG KENDAN KECAMATAN NAGREG KABUPATEN BANDUNG

Heri Heri, Mochamad Zakaria, Ahmad Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan publik dan kualitas pelayanan pada pemerintahan Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.Indikasi masalah yang ditemukan diantaranya pelayanan publik yang dilakukan belum memenuhi standar, teknis pelayanan belum dilakukan secara optimal, serta belum menunjangnya sumberdaya penyelenggara layanan pada Desa Nagreg. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari 4 teknik, yaitu; penelitian pustaka, penelitian lapangan, observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini informan berjumlah 6 orang yang terdiri dari sturktur komponen Desa  Nagreg Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanna publik pada pemerintahan desa nagreg ini belum berjalan optimal, dari segi administratif masih kurangnta faktor sumberdaya yang menunjang pelayanan yang prima. 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggara, Sahya. Ilmu Administrasi Negara, Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

Dewi, Irra Chrisyanti. Pengantar Ilmu Administrasi, Jakarta: PT Prestasi Pustaka, 2016.

Moleong, Lexy j. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosdakarya Offset, 2017.

Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, Ed. 1 Cet. 23, 2016.

Siagian, Sondang P. Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Plus Metode R&D, Jakarta Selatan: CV Alfabeta, Hal x+334, 2019.

Syafiie, Inu Kencana. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

Moenir, A.S, Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta Pusat: CV Bumi Aksara, edisi rev 2018.

Hardiyansah, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta : Gava Media, Cet.ke-1 Tahun 2018.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi, PT Bumi Aksara, Jakarta. Hal117-118, 2016.

Kurniawan, Ahmad Dwiky. Penerapan Inovasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Skripsi Universitas Airlangga, Surabaya. 2016.

Muluk, Khairul M. R. KNOWLEDGE MANAGEMENT Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah, Bayumedia Publishing, Malang, 2018.

Silalahi, Ulbert. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo tahun 2016.

Thoha, Miftah. Dinamika Administrasi Publik. Jakarta: Kencana Prenada tahun 2017.

Atmosudirdjo, Prajudi. Hukum Administrasi Negara. Jakarta: Ghalia Indonesia. Tahun 2015.

Syafiie, Inu Kencana. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta, Rineka Cipta tahun 2018.

Syafiie, Inu Kencana & Welasari, Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi Revisi cet-3 tahun 2017.

Siagian, Sondang P. Filsafat Administrasi. Jakarta:Bumi Aksara, Cet-08 edisi Revisi tahun 2018.

Ali, Faried. Teori dan Konsep Administrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tahun 2018.

Sobari, Wawan dkk. Inovasi Sebagai Referensi Tiga Tahun Otonomi Daerah dan Otonomi Award, Jawapos Institute of Pro-Otonomi, Surabaya. Tahun 2016.

Sumarto, Hetifah Sj. Inovasi, Partisipasi, dan Good Governance: 20 Prakarsa Inovatif dan Partisipatif di Indonesi, Jakarta: CV Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2019.

Suwendra, Wayan. Metodelogi Penelitian Kualitatif (Bandung: CV Nila Cakra), hal.141, Tahun 2018.

Noor, Irwan. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah (Malang: UB Press), hal. 176, Tahun 2018.

SUMBER JURNAL

Crystalia, Ones Gita. Kualitas Pelayanan Publik kecamatan Pengasih Kulon Progo, Universitas Negri Yogyakarta, UNY Jurnal riset akuntansi terpadu, vol. 11 no. 2, Oktober hal. 159–176, 2015.

Abdurahman, Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik, Jurnal Ristek Dikti vol. 25 no. 8, Oktober hal. 19 FISIP UNSU, 2017.

Rasyidin, Muhamad. La Ode, Ali Imran, Ahmad, dan Amrin Farzan, Dampak Pemekaran Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Bidang Kesehatan ( Studi Kasus Di Kabupaten Muna Barat), Universitas Halu Oleo, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No.8/ November; Issn2502-731x, 2017.

Salim, Rudi. Heri Kusmanto dan Muryanto Amin, Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Cabang Medan Kota, Universitas Sumatera Utara, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1) (155-160):(2018).

Kurniasari, Herwinda & Sulandari, Susi. Inovasi Pelayanan Publik di BP3TKI Semarang. E-journal Undip Vol. 6 No. 2, Tahun 2017

INTERNET

Laporan hasil pengaduan pelayanan tahun 2019, Website resmi OMBUDSMAN RI, diakses di Bandung 13 September 2020 pukul 20:15 (https://ombudsman.go.id/)

Profil dan sejarah Desa Nagreg Kendan, Website resmi Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, diakses di Bandung 25 September 2020 pukul 21:23 (www.nagregkendan.desa.id)

Suwarno, Yogi. Inovasi di Sektor Publik. Melaui :diakses di Bandung 25 September 2020 pukul 21:23 http://www.pkai.org/pdf/Inovasi%20Sektor%20Publik.pdf

Fadilla H, Avin. “ modul kuliah 7: inovasi dan perilaku inovatif “. Melalui http://avin.filsafat .ugm.ac.id/index.php?option=com contect&task=view&id=24&Itemid=34

SUMBER DOKUMEN

• Salinan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

• Salinan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

• PERMEN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2014 tentang pedoman standar pelayanan.

• Peraturan Daerah Kabupaten Bandung No. 27 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.

• Pembentukan Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.




DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v3i1.498

Article Metrics

Abstract view : 612 times
PDF - 1109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Neo Politea has been indexed on:

       

 

 

 





________________________________________________

Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007

Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293