UJI EFEK ANALGETIK EKSTRAK ETANOL DAUN ASAM JAWA (Tamarindus indica L) pada MENCIT PUTIH JANTAN GALUR SWISS WEBSTER

Endah Kartikawati, Dytha Andri Deswati

Abstract


Secara empirik, tanaman asam jawa (Tamarindus indica L.) telah digunakan sebagai obat oleh masyarakat untuk berbagai macam pengobatan, seperti nyeri haid, sakit perut, dan rematik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh efek analgetik pemberian ekstrak etanol daun asam jawa dengan metode induksi asam asetat 1% dan mengetahui dosis terbaiknya untuk meredakan nyeri. Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Subjek penelitian berupa mencit putih jantan galur Swiss Webster berjumlah 25 ekor yang dibagi ke dalam 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif menggunakan Na-CMC 1%, kelompok kontrol positif menggunakan paracetamol 500mg, dan kelompok uji ekstrak daun asam jawa dengan dosis 100 mg/kgBB, dosis 200 mg/kgBB, dosis 300 mg/kgBB. Perlakuan awal diberi secara peroral, 30 menit kemudian diberi asam asetat 1% secara intraperitonial. Data diperoleh berupa jumlah kumulatif geliat mencit. Kemudian dianalisis dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji DUNCAN. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun asam jawa mempunyai daya analgetik terhadap mencit putih jantan galur Swiss Webster. Dosis terbaik adalah 200mg/KgBB yang memberikan efek analgetik yang tidak berbeda nyata dengan perlakuan parasetamol pada taraf signifikansi 0,05.


Full Text:

PDF

References


Edijanti, G., Chodidjah, & Susanto, H., 2011, Uji Efektifitas Analgetik Madu pada Tikus dengan Metoda Geliat Asetat, 3(1), 48–53.

Faridah . A dan Rahmi H., Indentifikasi Pigmen Betasianin Dari Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus). Fakultas Teknik Universitas Negri Padang. Tahun 2014.

Gunawan, S.G., Setiabudi, R., Nafrialdi, Elysabeh, editor, 2008, Farmakologi dan Terapi Edisi 5, Departeme Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Guyton, A.C., 1991, Fisiologi Manusia dan MekanismePenyakit, Edisi III, 443, EGC , Jakarta.

Harborne, J.B. 2007. Metode Fitokimia Cara Modern Menganalisis Tumbuhan, edisi III. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Herawati Irma Erika, M. (2017). Analisis Fitokimia. Bandung: Universitas Al - ghifari Bandung.

Kunnika, S dan Pranee, A., 2011, Influence of enzyme treatment on bioactive compounds and colour stability of betacyanin in flesh and peel of red dragon fruit Hylocereus polyrhizus ( Weber ) Britton and Rose, International Food Research Journal,18(4), 1437–1448.

Masyud., 2010, Tanaman Obat Indonesia. http://www.dephud.go.id/indexphp?=id/node/54 (diaskes tanggal 12 Januari 2011).

Pudjiastuti., et al, 1989, Di dalam Goenarwo, E., Chodijah., Susanto, H., Uji Efektifitas Analgetik Madu pada Tikus dengan Metoda Geliat Asetat, Universitas Sultan Agung.

Reynertson, 2007, Di dalam Sutrisna,E.M., Uji efek antiinflamasi ekstrak etil asetat buah semu jambu mete (Anacardium occidentale L.) terhadap edema pada kaki tikus putih (Rattus novergicus) jantan galur wistar yang diinduksi karagenin. Biomedika 2:33-37.

Saifudin, A., 2014. Senyawa alam metabolit sekunder, Deepublish. Yogyakarta.

Sukandar E. 2006. Gagal Ginjal dan Panduan Terapi Dialis. Bandung: Pusat Informasi Ilmiah Bagian Imu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran/RS Dr. Hasan Sadikin Bandung.

Turner,R.A., 1965., Screening Methods in Pharmacological, 112-116, Academic Press, New York.




DOI: https://doi.org/10.53675/jsfar.v2i1.24

Article Metrics

Abstract view : 2542 times
PDF - 4234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sabdariffarma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address | Alamat Redaksi 
Prodi Farmasi - Universitas Al Ghifari
Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Endah, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Email: sabdariffarma@journal2.unfari.ac.id

Google_Scholar   

Tools: