ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG

Iin Endah Setyawati, Deden Suhendar, Rosy Yuliyanti

Abstract


Penelitian dilakukan  di kantor  Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Identifikasi masalah; Kurang profesionalitas nya pelayanan  publik di Kecamatan Pangalengan; Sikap pegawai Kecamatan Pangalengan yang kurang sabar dalam menghadapi warga yang lambat untuk memahami apa yang dijelaskan oleh pegawai Kecamatan Pangalengan; Mendahulukan orang terdekat seperti yang langsung menghubungi pegawai atau saudara dalam melaksanakan pelayanan publik. Metode penelitian: kualitatif.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pelayanan publik yang baik di kantor Kecamatan Pangalengan kabupaten Bandung. Menggunakan teori standar pelayanan menurut Moenir  agar pelayanan dapat memuaskan orang atau kelompok orang yang dilayani, maka pelaku yang bertugas melayani harus memenuhi empat kriteria pokok yaitu: tingkah laku yang sopan, cara yang baik dalam menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang seharusnya diterima oleh orang yang bersangkutan, waktu menyampaikan yang tepat, dan keramahtamahan.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pelayanan publik di kantor Kecamatan Pangalengan bahwa masih ada keegoisan antara pegawai kecamatan dengan warga, sikap profesionalisme pegawai Kecamatan Pangalengan yang masih kurang, komunikasi pegawai dengan warga yang kurang mengakibatkan kesalahpahaman. Simpulan nya pelaksanaan pelayanan publik Kecamatan Pangalengan belum optimal. Saran: pegawai Kecamatan Pangalengan perlunya memiliki sikap sabar yang kuat dalam melayani warga untuk menghindari keributan dengan warga dan tidak melakukan kegiatan yang bersifat pribadi ketika sedang melakukan pelayanan publik.


Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Agung, Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

AS. Moenir, 2001. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara. Jakarta.

Badudu dan Zain, 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Bogdan & Biklen, S. 1992: Qualitative Research For Education. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Afabeta.

Denhardt, KG. 1988. The Ethics of Public Service: resolving moral dilemmas in the public organizations. New York: Greewood Press.

Dewi, Irra Chrisyanti, 2011. Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Pustakarya.

Gordon, George, J. 1982. Public Administration In America (ed 2th). New York: St. Martin’s Press.

Hadari, Nawawi, 1994:6. Ilmu administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Harbani. Pasolong. 2007. Teori Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gaya Media

Hardjito Dydiet, 1995. Teori Organisasi dan Teknik Pengorganisasian. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Jabbra, JG. Dan Dwivedi, O. P. 1989. Public Service Accountability. Conneticut:Kumarin Press, Inc.

Kristanto, V. H. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Liang Gie, The. 1983. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moenir, HAS. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Murti, B. 2006. Desain dan Ukuran Samapel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Patton, Michael Quinn. 1987. Tringulasi. Dalam Moleong (Ed). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (hlm. 330-331). Cetakan ke-29. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pfiffner and Prethus, 1997. Public Administration. New York: The Ronald Press Company.

Prajudi Atmosudirdjo, Prof., DR., 1989. Dasar-dasar Administrasi Manajemen Dan Manajemen Kantor, Jakarta: Gunung Agung.

Robbins Stephan P. 1994. Teori Organisasi Edisi 3, Jakarta: Penerbit Arcan.

Siagian, Sondang P, 2009. Administrasi Pembangunan, Jakarta; Bumi Aksara.

Siagian, Sondang. P, 1980. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Simon, Herbert. 1959. Public Administration. New York: Alferd Knopf.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suryanto, 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media.

Sutabri, Tata. 2013. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Sutarto, 1991. Dasar-dasar Organisasi, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Tangkalisan, Heser Nogi S. 2005. Manajemen Publik, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Waldo Dwight, 2006. Pengantar Studi Administrasi. Diterjemahkan oleh Slamet W. Admosoedarmo, Jakarta: Aksara Baru.

Waluyo, 2008. Perpajakan Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

White, Leonard. 1955. Introduction to the Study of Public Administration. New York: The Mac Millan Company.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009, Undang-Undang Pelayanan Publik, Jakarta: SL Media, 2010.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.




DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v4i2.1320

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal Neo Politea has been indexed on:

       

 

 

 





________________________________________________

Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007

Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293