E-SERVICE QUALITY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS PADA KECAMATAN KIARACONDONG)
Abstract
E-Service Quality merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang mudah bagi masyarakat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, permasalahan yang ditemui adalah belum optimalnya penggunaan fasilitas untuk memberikan informasi secara online kepada masyarakat, penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan secara online dengan memaksimalkan berbagai fasilitas yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penggambaran secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dengan informan dan studi dokumentasi. Dalam teknik analisis datanya dilakukan dengan pengamatan pada objek wawancara sehingga menghasilkan penelitian yang menjawab permasalahan yang sudah dipaparkan. Hasil peneltian yang didapatkan ialah dalam 4 indikator menurut Zeithaml, terdapat instrumen efisiensi yang terbatas pada beberapa fitur saja, realiabilitas yang belum berjalan secara optimal, sementara untuk Fulfillment dan Privasi sudah berjalan dengan baik namun dikarenakan kesadaran masyarakat yang masih rendah dan kurangnya inisiatif masyarakat sehingga belum terlaksana dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Oemi. (2017). Dasar- Dasar Public Relation. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Anggara, Sahya. (2016). Ilmu Administrasi Negara. Bandung: Pustaka Setia.
Atmosudirdjo, S. Prajudi. (2015). Dasar-dasar Ilmu Administrasi.Jakarta: Sari Pustaka Ilmu Adminstrasi.
Ayobandung.com (2020, 1 Oktober). Kecamatan Kiaracondong Wilayah dan Penduduknya Terkini. Diakses pada 24 November 2020, dari https://ayobandung.com/read/2020/10/01/136194/kecamatan-kiaracondong-wilayah-dan-penduduknya-terkini
Crystal Ernawati. Skripsi. 2019. E- Service Quality Kartu Identitas Anak di Kota Kediri (Studi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Universitas Jember.
Defra Alchindi Q, Endang Larasati, Rihandoyo. Jurnal. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan E- KTP di Kecamatan Pedurungan. Universitas Diponegoro.
Dimock, M.E., Dimock, G. O & Fox, D.M (1986). Administrasi Negara. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Gie, The Liang. 2018. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Handayaningrat, Soewarno. (2016). Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hardyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta: Gava Media.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor 63 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Layanan Publik Kecamatan Kiaracondong. Diakses pada 19 November 2020, dari https://kiaracondong.bandung.go.id/p engaduan-masyarakat.php.
Maryono, Joko. 2005. Jurnal Organisasi & Manajemen. Jakarta : Pusat Keilmuan
Moenir, 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi. Aksara
Ones Gita Crystalia. Skripsi. 2015. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatam Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Profile Kiaracondong. Diakses pada 30 November 2020, dari https://ppid.bandung.go.id/knowledge base/profil-pejabat-dan-link-website- kecamatan-kiaracondong-kota- bandung
Pamudji, S, 2017. Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Jakarta:Bina Aksara
Pasolong, H, 2019. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P (1990). Perilaku Organisasi (Terjemahan : Pujaatmaka Handyana). Jakarta : PT. Prenhallindo.
Radar Kediri.jawapos.com (2019, 6 Mei). Cara Kecamatan Nganjuk Manfaatkan IT untuk Pelayanan.Diakses pada 20 Desember 2020,dari https://radarkediri.jawapos.com/read/ 2019/05/06/135640/cara-kecamatan- nganjuk-manfaatkan-it-untuk- pelayanan-digitalPih.kemelu.go.id (files). Undang- undang Nomor 23 Tahun 2014.Diakses pada 23 Maret 2021 https://apok.batam.go.id/ diakses pada 13 April 2021
Siagian, P. Sondang. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Silalahi, 2016, Studi Tentang Ilmu Administrasi,Cetakan kelima.Bandung: Sinar Baru Algesindo
Soekarno K. 1980. Dasar-Dasar Manajemen. cet.8. Penerbitan, Jakarta :Miswar, 1980.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, cetakan ke-8, Bandung. Alfabeta Bandung.
Syafei, Kencana Inu. (2017). Sistem Admnistrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Syafiie, I.K, Tanjung, Dj. & Modeong,S. (2018). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafri, Wirman. (2012). Studi Administrasi Negara. Jakarta: Erlangga.
Sinambela, Poltak, Lijan. (2018). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Thoha, Miftah. (1990). Aspek-aspek Pokok Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogkarta: Penerbit Andi.
Thoha, (2016). Dimensi-dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Thoha, 2002. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarata: Raja Grafindo Persada.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Naisonal pengembangan e-Goverment.
Zeithaml, Parasuraman, Malholtra. Jurnal. 2002. Service Quality Delivery Through Web Series: A Critical Review Of Extant Knowledge.
DOI: https://doi.org/10.53675/neopolitea.v1i2.500
Article Metrics
Abstract view : 417 timesPDF - 814 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Neo Politea has been indexed on:
________________________________________________
Neo Politea: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara - EISSN: 2775-1007
Address: Jl. Cisaranten Kulon No.140, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293