Peran Live Streaming dan Affiliate dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee

Asri Saumantari, Dodi Siswanto, Muhammad Taufan Ashshidiqy

Abstract


Masalah yang dihadapi dalam era digital ini adalah meningkatnya persaingan di platform e-commerce, khususnya dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh live streaming dan affiliate terhadap peningkatan keputusan pembelian di akun Shopee Damawa.cloth.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah berbelanja di akun Shopee Damawa.cloth, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS versi 23.Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming (X₁) dan affiliate (X₂) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) secara simultan. Secara parsial, baik live streaming maupun affiliate memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pemanfaatan strategi live streaming dan program affiliate dalam e-commerce untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam hal waktu dan ruang yang hanya terbatas pada akun Shopee Damawa.cloth, sehingga generalisasi hasil penelitian ini hanya berlaku pada platform tersebut.

Keywords


Live Streaming; Affiliate; Keputusan Pembelian; E-commerce; Shopee

References


Agustin, N. A. (2023). Pengaruh affiliate marketing, live streaming, online customer review dan online customer rating terhadap minat beli dan keputusan pembelian online dalam TikTokshop. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 137–152.

Albert, G. (2020). Usulan perancangan metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) pada Sumber Sejahtera Pratama Semarang. Skripsi, 5(3), 248–253.

Andriani, M. (2023). Pengaruh flash sale dan live streaming terhadap repurchase intention melalui impulsive buying sebagai variabel intervening. Vol. 4, Issue 1.

Anindita, F. A. (2022). Pengaruh pemahaman, kesadaran, kualitas pelayanan dan ketegasan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah Jakarta Timur). Bab II Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Ardiansyah, I., & Rahmat, T. (2023). Approach to quality of work-life and affective commitment in sustainable HRM practices for the improvement of organizational citizenship behavior. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 7(1), 125-137.

Christy, S. A., & Hernawan, E. (2023). Pengaruh kualitas produk, peran influencer, dan fitur live streaming sebagai digital marketing terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui aplikasi Tiktok. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 4.

Dewi, S. H., & A. B. W. (2017). Metodologi penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Dewi, T., Masruhim, M. A., & Sulistiarini, R. (2021). Pengaruh kualitas aparatur daerah, penerapan standar akuntansi pemerintah, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Mesuji. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, 5–24.

Fauzi, B. (2021). Pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Grabfood Jakarta Timur). 21–49.

Ghozali, I. (2017). Metoda Penelitian Ghozali 2016. Repository STEI, 31–44.

Hafsyah, A. S. (2023). Pengaruh citra merek dan digital marketing program studi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Al-Ghifari Bandung.

Halimah, O. S., Hafsah, A. S., & Rahmat, T. (2024). Tirtawening bottled water sales in regional government-owned enterprise: Influences of brand image and digital marketing. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 22(3), 357-369.

Indriani, I. I. (2021). Manajemen wisata religi pada makam Ki Ageng Selo, Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Undergraduate Thesis, IAIN Kudus, 1–21.

Khoiriah, N. (2022). Bab III - Metode penelitian. Metode Penelitian, 2019, 32–41.

Ley, P. (2020). Manajemen Pemasaran, 10–26.

Muzhiroh, I. (2020). Pengaruh persepsi kualitas, motivasi, dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo (Studi Kasus pada masyarakat Kelurahan Cakung Barat). Jurnal Ecodemica, 25–30, 35.

Oktaviani, K. (2017). Pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap efektivitas penerimaan pajak (Studi pada KPP Pratama Bandung Cibeunying periode 2013-2015). Http://Repository.Unpas.Ac.Id/30278/4/BAB%20III.Pdf, 37–63.

Rahmawati, N. F. (2022). Pengaruh affiliate marketing, live streaming, dan program flash sale terhadap keputusan pembelian. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh live streaming, content marketing, dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 337–344.

Rifka, F. R. (2013). Pengaruh kepuasan kerja, job insecurity, dan komitmen profesional terhadap keinginan berpindah kerja auditor. Metode Penelitian Ilmiah, 32–44.

Song, C., & Liu, Y.-L. (2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China. 23rd Biennial Conference of the International Telecommunications Society (ITS): “Digital Societies and Industrial Transformations: Policies, Markets, and Technologies in a Post-Covid World,” 1–18.

Sugiono, P. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.

Sumantri, D., & Rahmat, T. (2023). Increasing tourist intention to visit coastal and marine tourism visits through digital marketing. Jurnal Manajerial, 10(01), 81-97.

Suparyanto, & Rosad. (2015). Pengaruh motivasi, komitmen organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Daya Surya Sejahtera Ponorogo. 5(3), 248–253.

Rahmat, T., & Undang, G. (2021). Peranan branding promotion Wonderful Indonesia pada Asean Tourism Forum (ATF) dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia. KarismaPro, 12(1), 69-79.

Williianti, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Bab II Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.




DOI: https://doi.org/10.53675/karismapro.v15i02.1434

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KarismaPro : Jurnal Manajemen | e-issn: 2775-0647

Indexed