STYLISTIC FEATURES OF NIKE SPORT SHOES PRODUCT SLOGANS ON ONLINE ADVERTISING
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis fitur gaya dari slogan produk sepatu olahraga Nike pada iklan online. Analisis fitur gaya berhubungan dengan penggunaan gaya bahasa. Bahasa adalah aspek mendasar dari kehidupan manusia. Bahasa adalah bagian penting dalam periklanan. Bahasa dalam iklan ditandai oleh slogan yang ada di setiap iklan. Ada banyak sekali slogan produk yang mengiklankan salah satunya slogan di bidang olahraga. Olahraga dan atletik adalah fenomena yang sangat dominan dalam masyarakat saat ini, seperti dalam slogan Olahraga memberikan inspirasi, identitas, dan motivasi. Peneliti menggunakan 27 slogan sebagai objek penelitian yang dianalisis dengan teori stilistik dari Lethsalu, Galperin dan teori slogan sebagai teori pendukung. Peneliti menganalisis fitur gaya berdasarkan bahasa linguistik dan mengambil tiga bidang linguistik, mereka adalah morfologi, Sintaksis, dan semantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Ada beberapa langkah dalam menganalisis penelitian ini. Untuk mengetahui macam-macam fitur gaya yang digunakan dalam slogan produk sepatu olahraga Nike dan kemudian menjelaskan pesan slogan produk sepatu olahraga Nike di fitur gaya. Temuan analisis adalah sebagai berikut; fitur gaya yang digunakan di dalam slogan produk sepatu olahraga Nike adalah morfologi sebanyak 4 slogan, sintaksis dan semantik sebanyak 27 slogan. Pesan dari slogan produk sepatu olahraga Nike dalam fitur gaya adalah bahwa produk sepatu olahraga Nike memiliki kualitas dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan sepatu olahraga lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (n.d.). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. 2006. Jakarta: PT. Rineka Press.
Bovee, Courland L. & William F. Arens. 1986. Contempory Advertising 2nd Edition. USA: Home Wood Illinois.
Cohen, D. 1972. Advertising. The USA: John Wiley and Sons, Inc.
Cuddon, J. A. (1999). The Penguin Dictionary of Literary Terms and Literary Theory. London: Penguin Books Ltd.
Dowling, G. R., Kabanoff, B. (1996). Computer-Aided Content Analysis: What Do 240 Advertising Slogans Have in Common? Marketing Letters. Netherlands: Kulwer Academic Publishers, no. 7:1, p. 63–75.
Galperin, I. R. (1977). Stylistics. Moscow: Higher School Publishing House. Retrieved from
https://www.academia.edu/15428099/_Galperin_Stylistics_Book_Fi_org_
Goddard, A. 1998. The Language of Advertising. Written Texts. New York: Routledge
Godin, S. (2005). Purpurinė karvė. Pertvarkykite savo verslą būdami išskirtiniai. Vilnius: Rgrupė
Hickey, Raymond and StanisÓaw Puppel (eds) 1997. Language History and Linguistic Modelling. A Festschrift for Jacek Fisiak on his 60th Birthday. Berlin: Mouton de Gruyter. Retrieved from https://www.uni-due.de/ELE/LevelsOfLanguage.pdf
Khader, K. T. (2016). A brief Introduction to Stylistic. Retrieved from a-z-search.com > General Lightings > Fenton Lamps 1980-1982
Leech, G. (1972). English in Advertising: A Linguistic Study of Advertising in Great Britain (English Language Series). London: Longman.
Lehtsalu, U, Liiv, G, O. Mutt. (1973). An Introduction to English Stylistics. Tartu: Tartu State University. Retrieved from https://dspace.ut.ee/bitstream/handle/10062/51251/lehtsalu_introduction_1973_ocr.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Luders, J. (2013). Stylistic devices. Bad Schwartau, Germany: Gymnasium am Muhlenberg. Retrieved from
www.jochenenglish.de/abitur/stylistic_devices.pdf
Maxwell, J. A. (2004). Qualitative Research Design. London: Sage publication.
Orakuwe, E, E,. (2015). A Linguistic stylistic analysis of Chimamanda Adichie’s. (Thesis of Postgraduate studies, Ahmadu Bello University, Zaria). Retrieved from http://kubanni.abu.edu.ng:8080/jspui/bitstream/123456789/7288/1/A%20LINGUISTIC%20STYLISTIC%20ANALYSIS%20OF%20CHIMAMANDA%20ADICHIE%E2%80%99S.pdf
Rannu, A. 1998. Advertising Language in Mass Media.
Sachkova, E. V. (2012). Lectures on English Stylistics. Moscow: Moscow State University. Retrieved from library.miit.ru/methodics/28112016/12-1127.pdf
Saeed, John I. 2000. Semantics. USA: Blackwell Publisher.
Simpson, P. (2004). Stylistic. USA and Canada: Routledge. Retrieved from htttp://www.studfiles.ru/preview/4538348/
Wardhaugh, Ronald. 1986. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Brasil Blackwell.
Yule, George. 2010. The Study of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Zhukovska, V.V. (2010). English Stylistics: Fundamentals of Theory and Practice. Ukraine: The Ministry of Education and Science of Ukraine. Retrieved from http://eprints.zu.edu.ua/12670/1/v.pdf
https://www.linkedin.com/pulse/verbal-expression-your-brand-taglines-vs slogans-catherine-chai/
DOI: https://doi.org/10.53675/gist.v3i1.38
Article Metrics
Abstract view : 507 timesPDF - 1076 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.