KESIAPAN PESANTREN SALAFIYAH AS SAADAH, KECAMATAN BANJARAN, KABUPATEN BANDUNG DALAM MENGANTISIPASI PEMAHAMAN RADIKAL DARI TIMUR TENGAH

Tom Finaldin

Abstract


Abstrak
Pemahaman-pemahaman radikal yang berasal dari Timur Tengah telah masuk ke Indonesia dan
mempengaruhi generasi muda. Salah satu yang terpengaruh adalah santri atau siswa dari
Pesantren Salafiyah As Saadah. Tiga dari 150 siswa SMP-MA Mawaddi yang berada di
lingkungan pesantren telah terpengaruh. Hal itu dapat dilihat dari pernyataan, pertanyaan, dan
perilaku mereka selama di lingkungan pesantren. Pertanyaan maupun pernyataan mereka
menunjukkan kecenderungan kekaguman terhadap pemikiran radikal dan tokoh-tokoh radikal,
baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka terpengaruh oleh berbagai status atau video
yang beredar di internet melalui akun media sosial yang mereka miliki. Peneliti melihatnya dari
akun-akun facebook mereka. Dua orang dari mereka telah keluar dari lingkungan pesantren,
sedangkan seorang lagi bisa terselamatkan. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauh
fenomena ini dengan menggunakan metode kualitatif. Data diambil melalui observasi dan
wawancara terhadap siswa dan pemimpin pesantren. Hasil dari penelitian adalah peneliti
menemukan bahwa siswa terpengaruh pemikiran radikal melalui internet sehingga mengganggu
proses belajar mereka sekaligus menurunkan kedisiplinan mereka sebagai siswa. Pihak pesantren
telah melakukan upaya antisipasi pemikiran radikal yang datang dari Timur Tengah dengan
mengaktifkan secara rutin kegiatan-kegiatan tradisional pesantren di Indonesia. Upaya itu
berhasil menyelamatkan mayoritas siswa, hanya dua siswa yang keluar dari lingkungan
pesantren. Akan tetapi, untuk lebih kuat menghadapi arus penyebaran pemikiran radikal dari
Timur Tengah, pesantren perlu memiliki guru atau tenaga ahli yang memahami hubungan
internasional, gejolak politik, radikalisme, terorisme, dan pemahaman ajaran Islam yang
sesungguhnya dengan baik. Dengan demikian, setiap isu radikal dapat didiskusikan bahkan
diperdebatkan dengan siswa sehingga siswa mendapatkan pemahaman lebih baik yang berujung
pada keberhasilan proses belajar dengan perilaku disiplin yang tinggi.


Kata Kunci: Radikal-Timur Tengah-Pesantren


Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Strategi Menghadapi Paham Radikalisme

Terorisme – Isis

Isjwara, F., 1999, Pengantar Ilmu Poltik, Cet. 9, Putra A Bardin: Bandung

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2014, Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial: untuk

SMA dan MA Kelas XII Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga: Jakarta

Moleong, J. Lexy, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Musa, Muhammad, 2003, Hegemoni Barat terhadap Percaturan Politik Dunia: Sebuah Potret

Hubungan Internasional, Wahyu Press: Jakarta

Nazir, Moh., 1985, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Rohimat, 2010, Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di

Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut (Studi Kasus di SDN Cisewu I, SDN Nyalindung II,

dan SDN Girimukti II, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut), Program Pascasarjana

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia: Jakarta

Said Ali, As’ad, 2014, Al-Qaeda; Tinjauan Sosio-Politik, Ideologi dan Sepak Terjangnya, Cet. I,

ISBN: 978-602-7984-11-0, LP3ES: Jakarta

Internet

https://baliexpress.jawapos.com/read/2017/11/20/27906/empat-pilar-ideologi-isis diakses pada

Februari 2020

https://nasional.tempo.co/read/651904/termasuk-jaringan-teroris-ini-beda-isis-dengan-alqaeda/

full&view=ok diakses pada 15 Februari 2020

https://id.wikipedia.org/wiki/Pesantren diakses pada 15 Februari 2020

https://id.wikipedia.org/wiki/Timur_Tengah diakses pada 15 Februari 2020

http://nujateng.com/2015/01/ideologi-dan-sepak-terjang-al-qaeda/ diakses pada 15 Februari 2020

https://www.beritasatu.com/nasional/584889/ini-tiga-definisi-radikalisme-menurut-menkopolhukam

diakses pada 15 Februari 2020




DOI: https://doi.org/10.53675/jgm.v1i1.53

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed