KESIAPAN PESANTREN SALAFIYAH AS SAADAH, KECAMATAN BANJARAN, KABUPATEN BANDUNG DALAM MENGANTISIPASI PEMAHAMAN RADIKAL DARI TIMUR TENGAH

Tom Finaldin

Abstract


AbstrakPemahaman-pemahaman radikal yang berasal dari Timur Tengah telah masuk ke Indonesia danmempengaruhi generasi muda. Salah satu yang terpengaruh adalah santri atau siswa dariPesantren Salafiyah As Saadah. Tiga dari 150 siswa SMP-MA Mawaddi yang berada dilingkungan pesantren telah terpengaruh. Hal itu dapat dilihat dari pernyataan, pertanyaan, danperilaku mereka selama di lingkungan pesantren. Pertanyaan maupun pernyataan merekamenunjukkan kecenderungan kekaguman terhadap pemikiran radikal dan tokoh-tokoh radikal,baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka terpengaruh oleh berbagai status atau videoyang beredar di internet melalui akun media sosial yang mereka miliki. Peneliti melihatnya dariakun-akun facebook mereka. Dua orang dari mereka telah keluar dari lingkungan pesantren,sedangkan seorang lagi bisa terselamatkan. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauhfenomena ini dengan menggunakan metode kualitatif. Data diambil melalui observasi danwawancara terhadap siswa dan pemimpin pesantren. Hasil dari penelitian adalah penelitimenemukan bahwa siswa terpengaruh pemikiran radikal melalui internet sehingga menggangguproses belajar mereka sekaligus menurunkan kedisiplinan mereka sebagai siswa. Pihak pesantrentelah melakukan upaya antisipasi pemikiran radikal yang datang dari Timur Tengah denganmengaktifkan secara rutin kegiatan-kegiatan tradisional pesantren di Indonesia. Upaya ituberhasil menyelamatkan mayoritas siswa, hanya dua siswa yang keluar dari lingkunganpesantren. Akan tetapi, untuk lebih kuat menghadapi arus penyebaran pemikiran radikal dariTimur Tengah, pesantren perlu memiliki guru atau tenaga ahli yang memahami hubunganinternasional, gejolak politik, radikalisme, terorisme, dan pemahaman ajaran Islam yangsesungguhnya dengan baik. Dengan demikian, setiap isu radikal dapat didiskusikan bahkandiperdebatkan dengan siswa sehingga siswa mendapatkan pemahaman lebih baik yang berujungpada keberhasilan proses belajar dengan perilaku disiplin yang tinggi.Kata Kunci: Radikal-Timur Tengah-Pesantren

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Strategi Menghadapi Paham Radikalisme

Terorisme – Isis

Isjwara, F., 1999, Pengantar Ilmu Poltik, Cet. 9, Putra A Bardin: Bandung

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2014, Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial: untuk

SMA dan MA Kelas XII Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga: Jakarta

Moleong, J. Lexy, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Musa, Muhammad, 2003, Hegemoni Barat terhadap Percaturan Politik Dunia: Sebuah Potret

Hubungan Internasional, Wahyu Press: Jakarta

Nazir, Moh., 1985, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Rohimat, 2010, Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di

Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut (Studi Kasus di SDN Cisewu I, SDN Nyalindung II,

dan SDN Girimukti II, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut), Program Pascasarjana

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia: Jakarta

Said Ali, As’ad, 2014, Al-Qaeda; Tinjauan Sosio-Politik, Ideologi dan Sepak Terjangnya, Cet. I,

ISBN: 978-602-7984-11-0, LP3ES: Jakarta

Internet

https://baliexpress.jawapos.com/read/2017/11/20/27906/empat-pilar-ideologi-isis diakses pada

Februari 2020

https://nasional.tempo.co/read/651904/termasuk-jaringan-teroris-ini-beda-isis-dengan-alqaeda/

full&view=ok diakses pada 15 Februari 2020

https://id.wikipedia.org/wiki/Pesantren diakses pada 15 Februari 2020

https://id.wikipedia.org/wiki/Timur_Tengah diakses pada 15 Februari 2020

http://nujateng.com/2015/01/ideologi-dan-sepak-terjang-al-qaeda/ diakses pada 15 Februari 2020

https://www.beritasatu.com/nasional/584889/ini-tiga-definisi-radikalisme-menurut-menkopolhukam

diakses pada 15 Februari 2020




DOI: https://doi.org/10.53675/jgm.v1i1.53

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 274 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed